Aplikasi Neural Network untuk optimasi produksi Mikroalga

Aplikasi Neural Network untuk optimasi produksi Mikroalga

Aplikasi Neural Network untuk optimasi produksi Mikroalga

Sharing is caring!

Mikroalga akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh para ilmuan maupun praktisi. Mikroalga adalah mikro organisme yang mampu berfotosintesis dan hidup di air tawar maupun laut. Mikroalga sendiri dapat digunakan sebagai bahan baku makanan, obat-obatan dan bahkan biofuel. Salah satu teknik budidaya yang populer adalah dengan menggunakan Open Raceway Pond (ORP). ORP adalah media yang dilengkapi dengan padle wheel untuk melakukan mixing terhadap budidaya. Setelah dibudidayakan, masih harus dilakukan dewatering untuk mendapatkan algae kering.

Mikroalgae dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh parameter lingkungan seperti suhu, cahaya matahari dan berbagai faktor eksternal yang lainnya. Namun, pada ORP suhu dan sinar matahari tidak dapat dikendalikan. Hal ini menjadikan mikroalgae sangat terpengaruh dengan paramter tersebut. Nah, melihat permasalahan tersebut saya coba melakukan penelitian dengan menerapkan neural network untuk mempelajari fenomena tersebut.

Silahkan membaca paper berikut untuk mendapatkan penjelasan secara lengkap ide yang saya usulkan: https://doi.org/10.1016/j.biosystemseng.2018.10.002.

Silahkan berdiskusi jika memang metode ini bermanfaat untuk anda dan ingin bekerjasama dalam pengembangan kedepan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Supriyanto, Noguchi, R., Ahamed, T., Rani, D.S., Sakurai, K., Nasution, M.A., Wibawa, D.S., Demura, M., and Watanabe, M.M. (2018). Artificial neural networks model for estimating growth of polyculture microalgae in an open raceway pond. Biosystems Engineering.

supriyanto

Leave a Reply

shares