Batik di negeri sakura

Batik di negeri sakura

Batik di negeri sakura

Sharing is caring!

Batik merupakan warisan dari para pendahulu kita kepada bangsa Indonesia. Batik juga masuk ke dalam  list UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity in 2009. Ini membuat eksistensi batik semakin dikenal di dunia internasional. Selain itu, 2 Oktober diperingati sebagai hari batik.

Tahun ini, saya dan beberapa warga PPI Ibaraki mengadakan peringatan hari batik dengan menggunakan batik dihari tersebut. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun, puncaknya kami mengadakan foto bersama di lingkungan kerja masing-masing. Bagi warga University of Tsukuba berkesempatan foto bersama di depan gedung perpustakaan. Bahagia campur haru, karena di negeri sakura kami masih bisa berkumpul dengan teman-teman Indonesia dan mengenakan batik.

Bagi kami yang merantau keluar negeri khususnya Jepang, memakai batik memberikan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Menggunakan batik selain bisa memperkenalkan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat Internasional, juga bisa memberikan identitas tersendiri. Kalau kita bertemu dengan orang yang memakai batik dan atau berkerudung bagi perempuan maka dengan mudah kita akan mengenali orang tersebut adalah orang Indonesia.

Bagi teman-teman yang akan sekolah di luar negeri, batik dan bendera merah putih adalah perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan. Selanjutnya, gunakan pakaian batik pada hari-hari tertentu dan perkenalkan kepada masyarakat di negeri tujuan. Saya yakin, mereka akan sangat respect dengan kebudayaan dan jenis pakaian yang kita perkenalkan tersebut.

Akhir kata, banggalah dengan batik.

Salam,
Supriyanto
Phd Student Life and Environmental Sciences, University of Tsukuba
Dosen Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB

supriyanto

Leave a Reply

shares