Seberapa penting motto bagi diri anda ?

Seberapa penting motto bagi diri anda ?

Sharing is caring!

Motto, biasanya diungkapkan dengan kata-kata sederha. Setiap institusi biasanya memiliki motto tersendiri. Sebagai contoh, motto yang kami miliki saat sekolah dan kuliah.

Sekolah Menangah Atas (SMAN 1 Liwa) saat saya sekolah memiliki motto: “berprestasi dan berakhlak mulia“. Kemudian motto IPB tempat saya kuliah S1 dan S2: “mencari dan memberi yang terbaik“, dan tempat saya kuliah S3, University of tsukuba punya motto “imagine the future“.

Ketiga motto itu setidaknya yang paling banyak saya dengar dan saya rasakan berpengaruh bagi diri saya. Sebenarnya bisa di urut dari yang paling belakang: imagine the future, membayangkan atau memproyeksi masa depan. Hal ini sangat diperlukan dan kita jadi ingat bahwa hidup kita tidak hanya sekarang. Kerja keras yang kita lakukan sekarang adalah investasi masa yang akan datang. Motto ini mendorong orang untuk futuristik dan tidak hanya befikir instant. Semua hal membutuhkan dedikasi dan kerja keras.

Selanjutnya, untuk mencapai itu tentu bisa dengan mencari dan memberi yang terbaik. Mencari ilmu dan pengalaman yang terbaik. Setelah mendapatkannya kita harus memberikan yang terbaik dalam hidup kita. Semua itu diperlukan untuk mencapai yang sudah kita impikan tadi yang diungkapkan oleh motto yang pertama saya bahas.

Setelah itu, berprestasi dan berakhlak mulia. Karena prestasi itu bisa dicapai dengan dua cara diatas. Membayangkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, mencari dan memberi yang terbaik. Itu adalah jalan untuk mencapai prestasi dan akhlak mulia.

Selain itu, motto saya pribadi hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang (QS.13 : 28). Semua motto tadi akan tercapai hanya dengan hati yang tenang yang syaratnya adalah selalu mengingat Allah.

Saya bisa simpulkan bahwa motto itu diperlukan untuk mengingatkan kembali apa yang menjadi tujuan institutusi itu dibangun. Selain itu, sebagai individu tentu kita bisa mengambil pelajaran dan menggabungkan dengan motto kita sendiri. Jangan sampai kita hidup tak punya semangat dan tujuan. Jangan mudah menyerah, karena semua kesuksesan butuh kerja keras dan kepercayaan diri. Selain itu juga tentunya memohon pertolongan Allah.

Ada pendapat lain mengenai motto?

supriyanto

Leave a Reply

shares