Kehidupan di Tsukuba 2018 – Kilas Balik

Kehidupan di Tsukuba 2018 – Kilas Balik

Kehidupan di Tsukuba 2018 – Kilas Balik

Sharing is caring!

Setiap tahun kita mengevaluasi semua yang kita lakukan tahun-tahun sebelumnya. Melihat kembali apa yang kita lakukan dibelakang diperlukan untuk menatap masa yang akan datang. Bagi saya sebagai penuntut ilmu dan juga pengajar. Bergumul dengan ilmu pengetahuan adalah sebuah kebahagiaan. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain terus mengkaji dan menyebarkan ilmu.

Tiga tahun terakhir sedikit istimewa bagi saya, karena diberi kesempatan tinggal di Tsukuba, Jepang. Tsukuba adalah tempat sebuah kota yang tenang dan sangat berkesan bagi saya. Kota yang cukup dekat dengan Tokyo, ibukota Jepang ini merupakan rumahnya ratusan lembaga riset di Jepang. University of Tsukuba berdiri diantara lembaga-lembaga riset ini yang memberikan warna tersendiri bagi kota kecil ini.

Kota Tsukuba cukup baru, memiliki jalur kereta api khusus Tsukuba Express dari Akhihabara. Jika anda sudah sampai di akhibahara cari saja TX station, dan naik kereta sekitar 1 jam dengan biaya 1.150 an anda akan diantarkan ke Tsukuba. Gunakan Express untuk mempercepat laju, karena tidak berhenti di semua stasiun.

Kehidupan sehari-hari juga menyenangkan, karena kami tinggal di asrama mahasiswa Ichinoya. Sebuah komplek asrama yang mayoritas diisi mahasiswa internasional. Ini memberikan warna tersendiri bagi kami semua untuk saling mengenal satu sama lain.

Kehidupan kampus, saya berada di Agro-machinery Laboratory (Biosystem Engineering/Agricultural Engineering) research group. Lab ini digawagi oleh empat profesor yaitu Dr. Ryozo Noguchi, Dr. Tofael Ahamed, Dr. Takuma Genkawa dan Prof. Tomohiro Takigawa. Saya berada dibawah Noguchi group yang saat ini banyak konsen di Biomass Utilization. Bekerja di lab ini menarik, karena teman-teman berasal dari berbagai lembaga seperti Lemigas, PPKS Medan, Dosen, Kementerian Kehutanan, LIPI dan berbagai negara. Mayoritas mahasiswa berasal dari Indonesia, kami cukup mendominasi.

Suasana lab ini sangat hangat, satu sama lain terbiasa berkerja sama baik dalam pendidikan maupun kegiatan-kegiatan lab sehari-hari.

Akhir tahun ini, lab kami mengadakan party akhir tahun. Sedikit merefresh kembali kegiatan setahun terakhir, kami saling berbagi cerita, makanan dan berbagai hal. Semoga, tahun-tahun depan kesuksesan ada pada anda dan terus maju.

Salam,
Supriyanto

supriyanto

Leave a Reply

shares