Download Jurnal Gratis dari Rumah

Download Jurnal Gratis dari Rumah

Sharing is caring!

Kampus ternama di dunia biasanya punya budaya publikasi ilmiah yang baik. Untuk bisa publikasi ilmiah yang baik tentu membutuhkan fasilitas yang baik pula:

Fasilitas Riset

Fasilitas riset terdiri dari dua jenis yaitu fasilitas dasar dan fasilitas khusus sesuai topik riset. Fasilitas ini tentu sangat spesifik tergantung bidang yang digeluti. Tidak jarang ini jadi alasan orang berhenti riset karena kekurangan fasilitas. Memang tidak bisa dipungkiri untuk mendapatkan data yang baik agar memenuhi kaidah ilmiah memerlukan biaya yang tidak murah. 
Banyak dosen yang akhirnya mengajukan proposal riset baik melalui pemerintah maupun dari private company. Hal ini diperlukan untuk mendanai kegiatan penelitian.

Pembimbingan

Proses pembimbingan yang baik dan diskusi intensif menjadi modal sangat penting dalam publikasi ilmiah. Seorang penulis (pada kasus saya: student) akan bolak balik puluhan kali mempresentasikan dan revisi karya ilmiah sebelum dikirim ke penerbit. Pada proses review juga kadang mengalami rejection sampai majorrevision. Lika-liku ini menjadi sangat melelahkan bagi seorang student. 
Namun, seorang pembimbing yang baik akan terus menyemangati studentnya untuk terus berjuang dan bekerja. Melalui rapat dan presentasi secara reguler untuk menyemangati mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Tidak jarang, seorang pembimbing akan turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan mahasiswa. Tentu, karena jumlah mahasiswa bimbingan yang cukup banyak maka tidak semua mahasiswa akan mendapatkan bimbingan yang intensif ini.

Akses literature

Melalui repository atau journal collection (sciencedirect, springer, willey, mdpi, dan berbagai jurnal lainnya). Untuk fasilitas ini, Unviersity of Tsukuba misalnya menyediakan akses jurnal dari rumah (ezproxy). Pada kampus lain, ada yang hanya menyediaakan akses ini melalui jaringan kampus atau melalui perpustakaan. Namun, kampus university of Tsukuba menyediakan fasilitas ezproxy kepada student dan dosen. 
 

Plagiarism Checker 

Saat ini, dunia internet sangat maju sehingga artikel atau bahan apapun bisa kita peroleh dari internet. Kita bisa mendapatkan data dari mana saja yang kita butuhkan untuk keperluan penelitian. Tidak jarang, ini mendorong orang-orang malas untuk mengkopi paste saja secara utuh dari artikel yang dia baca. Tentu, untuk melakukan pengecekan diperlukan perangkat lunak plagiarism checker. Banyak perangkat lunak yang bisa dipakai untuk mengecek ini dari mulai yang gratis sampai yang berbayar.

Salam,
Supriyanto
supriyanto

Leave a Reply

shares