Machine Learning: Aplikasi berbagai bidang

Machine Learning: Aplikasi berbagai bidang

Sharing is caring!

Akhir-akhir ini diskusi mengenai machine learning sangat hits. Banyak aplikasi pada berbagai bidang yang menerapkan teknik Machine learning ini. Akar dari teknik ini adalah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang juga berkembang sudah sejak lama. AI sebenarnya adalah teknik-teknik yang digunakan untuk meniru kecerdasan manusia yang dapat belajar, berfikir, merencanakan dan memproses bahasa natural manusia. Hal ini menjadikan AI menjadi sangat potensial.

Bagan berikut akan memudahkan melihat dimana posisi machine learning itu berada, yang juga merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Teknik ini sudah berkembang sejak tahun 1980an sampai sekarang juga masih banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menerapkan Machine Learning Algorithm (MLA) perlu terlebih dahulu memahami permasalahan yang akan diselesaikan. Ada dua klasifikasi yaitu supervised learning dan unsupervised learning. Supervised learning, sederahananya adalah kita mengajari algoritma machine learning dengan data yang sudah ada jawabannya. Jadi kita mempersiapkan contoh sebanyak-banyaknya untuk dapat dikenali variasinya oleh MLA. Pada kasus MLA supervised kita bagi dua lagi yaitu: klasifikasi dan regresi.

Sementara itu, untuk kasus unsupervised kita tidak memberikan contoh jawaban. Biasanya digunakan untuk klasterisasi dataset yang belum kita ketahui polanya seperti apa. Teknik ini juga penting untuk mempelajari dataset yang sangat besar tapi belum ketahuan polanya.

Begitulah sekelumit, pengenalan mengenai MLA yang saat ini ada. Penerapannya juga beragam, tergantung pada kasus yang anda pelajari. Yang paling penting, siapkan dataset yang baik dan mewakili dari apa yang akan anda pelajari. Semua itu diperlukan untuk memudahkan kita dalam menerapkan MLA dengan efektif.

Cerita ini akan bersambung ke artikel-artikel selanjutnya.

Salam,
Supriyanto

supriyanto

Leave a Reply

shares