Farewell Party: Pesta Perpisahan Agro-Machinery Laboratory

Farewell Party: Pesta Perpisahan Agro-Machinery Laboratory

Sharing is caring!

Masih ingat sekitar 2,5 tahun yang lalu sesampainya di Jepang saya disambut oleh Kai Sakurai. Saat itu, Kai adalah mahasiswa tingkat akhir program S1 di University of Tsukuba. Sosok sakurai adalah sosok yang sangat serius dengan komputer nya. Dia sangat fokus dalam memanfaatkan teknologi IT, baik dalam riset maupun dalam menata lab kami. Saat itu, sesampainya di Tsukuba Center, dia sudah menunggu saya untuk menuju ke Kampus. Dengan bus yang sudah di charter oleh Tsukuba, kami menuju asrama Ichinoya. Kebetulan saya dapat gedung 01.

Setelah semua admistrasi saya selesaikan, maka pihak asrama memberikan kunci kepada kami. Setelah kunci diberikan, kamipun menuju ke gedung 01 dan naik ke lantai 4. Saya dapat lantai 4, horeee.. senangnya waktu itu. Karena saya menyukai lantai atas dibandingkan lantai bawah. Tapi setelah mengalami gempa, sayapun jadi agak was-was kalau ada di lantai atas. Tapi, setelah tahu kualitas bangunan dan sambil berdoa supaya selamat saya tetap menyukai tinggal di lantai atas.

Singkat cerita, kebersamaan dengan Kai sakurai di lab ini begitu bermakna. Banyak hal yang saya diskusikan, bertanya ini itu mulai dari hal sepele sampai hal-hal serius.

Selain itu, ada juga satu teman Jepang kami di lab yaitu Iwai san. Iwai ini orangnya agak pendiam, tapi kalau sudah ngobrol asik juga. Dari cara kerjanya, beliau ini lebih santai dibanding Sakurai san. Keduanya bulan depan sudah mulai kerja. Kai sakurai bekerja di NTT group, dan Iwai san di Kubota. Memang sebelum lulus mahasiswa di Jepang terutama kampus Tsukuba sudah mendapatkan pekerjaan. Jadi tidak ada atau jarang sekali yang menganggur, tentu ini adalah kelebihan sendiri di Jepang.

Hari ini, 14-03-2019 adalah hari perpisahan secara resmi. Saya sendiri haru, melihat mereka pergi dari lab kami. Tentu saya membayangkan betapa sedihnya saya juga ketika harus kembali ke Indonesia dan meninggalkan laboratorium kami ini. Kebersamaan yang sangat berharga dengan para profesor kelas dunia disini. Saya masih berharap bisa terus bekerjasama dengan mereka. Tentu, bukan hal mustahil nantinya para alumni ini juga merupakan jaringan yang sangat kuat bagi kami setelah kembali ke tanah air.

Tapi itulah kehidupan, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Dan kita hanya perlu bersykur telah dipertemukan dan juga dipisahkan. Karena kita akan bertemu orang baru kembali dan akan memulai cerita baru dengan mereka. Semoga Allah ridho kepada kami dan limpahkan selalu hidayah-Nya untuk kami semua. D bawah ini saya berikan foto dari anggota lab kami (Agro-Machinery Laboratory), yang dibimbing oleh Dr. Ryozo Noguchi dan Dr. Tofael Ahamed, Dr Takuma Genkawa dan Prof. Dr. Tomohiro Takigawa.

Salam,
Supriyanto

supriyanto

Leave a Reply

shares