Jurnal bidang Teknik Pertanian dan Biosistem

Jurnal bidang Teknik Pertanian dan Biosistem

Sharing is caring!

1. Pendahuluan

Bidang keahlian Teknik Pertanian dan Biosistem dikenal diberbagai negara. Awalnya mereka bernama mekanisasi pertanian (agricultural mechanization). Bidang ini sendiri terdiri dari teknik sumberdaya lahan dan air, alat dan mesin budidaya pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian, energi alternatif dan elektrifikasi, ergonomika dan elektronika pertanian, teknik pengolahan pangan dan hasil pertanian, manajemen dan sistem informasi pertanian.

Seiring perkembangan zaman, nama Mekanisasi Pertanian kemudian dikenal dengan nama Teknik Pertanian. Saat ini, program keahlian ini di IPB sendiri berubah nama menjadi Teknik Pertanian dan Biosistem. Program studi ini berada di bawah departemen Teknik Mesin dan Biosistem. Nama program studi inipun secara nomenklatur dikti terdiri dari:

  1. Teknik Pertanian
  2. Teknik Pertanian dan Biosistem
  3. Teknik Biosistem
  4. Mekanisasi Pertanian

Himpunan profesi yang mewadahi program keahlian ini adalah Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) BK Teknik Pertanian. Selain juga beberapa himpunan profesi yang bersinggungan baik langsung maupun tidak langsung.

Saat ini di IPB membagi program studi ini menjadi empat divisi:

  1. Teknik Mesin Pertanian (TMP)
  2. Teknik Biosistem (TBS)
  3. Teknik Bioinformatika (TBI)
  4. Teknik Energi Terbarukan (TET)

Untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi, jurnal ilmiah dibidang Teknik pertanian ini diperlukan. Jurnal merupakan wadah berbagai informasi dan kontribusi ilmiah dari suatu bidang keilmuan. Beberapa wadah yang bias dipakai diantaranya adalah:

2. Jurnal-Jurnal Bidang Teknik Pertanian Indonesia

Selanjutnya pada bagian ini akan saya coba list beberapa jurnal di bidang Teknik Pertanian.

2.1. Jurnal Keteknikan Pertanian

Jurnal ini diterbitkan oleh Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem IPB bekerjasama dengan Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA). Jurnal ini juga sudah cukup lama dan terdapat lika-liku perjalanan penerbitannya. Jurnal ini terbit April, Agustus dan September untuk saat ini. Anda dapat menulis dalam Bahasa Inggris ataupun berbahasa Inggris. Untuk saat ini, jurnal terindeks DOAJ (Directory of Open Access Journal). Jurnal ini terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Untuk mengakses jurnal ini dapat diakses di website berikut http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtep/index.

Gambar 1. Jurnal Keteknikan Pertanian

 

2.2. Rona Teknik Pertanian

Jurnal ini dikelola oleh Universitas Syah Kuala (UNSYIAH), Nangroe Aceh Darussalam. Jurnal ini mencakup bidang-bidang Teknik Pertanian secara luas yang terdiri dari: mesin pertanian, Teknik tanah dan air, tillages, precission farming, post-harvest technology, instrumentasi pertanian, sensor, bio-robotik, system automasi, dan berbagai bidang yang tercakup dalam bidang keteknikan pertanian. Jurnal ini dapat diakses pada laman berikut http://jurnal.unsyiah.ac.id/RTP.

Gambar 2. Jurnal Rona Teknik Pertanian

 

2.3. Jurnal Teknik Pertanian Lampung

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Pertanian Universitas Lampung. Bidang yang dicakup terdiri dari mekanisasi pertanian, irigasi, Teknik lingkungan, Teknik bioproses, dan pascapanen. Jurnal ini terbit setiap bulan April, Agustus dan Desember.

Gambar 3. Jurnal Teknik Pertanian Lampung

 

2.4. Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian

Jurnal Teknotan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjajaran (FTIP UNPAD) bekerjasama dengan Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) cabang Bandung. Jurnal ini diterbitkan dua kali setiap tahun.

Gambar 4. Teknotan, Jurnal Teknologi Pertanian

 

2.5. AgriTech

Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta yang bekerjasama dengan Indonesian Association of Food Technologies (PATPI). Jurnal ini melingkupi bidang food and agricultural product technology, Teknik pertanian dan biosystem dan Teknik Industri Pertanian Jurnal ini dapat diakses melalui https://jurnal.ugm.ac.id/agritech.

Gambar 5. Jurnal Agritech

 

2.6. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem

Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem (JKPTB) didirikan tahun 2013 lalu. Jurnal ini diterbitkan oleh Departemen Teknik Pertanian, Universitas Brawijawa Malang. Jurnal ini meliputi tenaga dan mesin pertanian, mekatronika dan mesin agro-industri, teknologi pangan dan pasca-panen, serta Teknik tanah dan air. Secara luas juga menerima seluruh bidang Teknik pertanian. Jurnal ini dapat diakses di https://jkptb.ub.ac.id/.

 

3. Jurnal-Jurnal Bidang Teknik Pertanian Internasional

3.1. Biosystems Engineering

Jurnal Biosystem Engineering ini masuk ke jajaran Q1 dengan Impact Factor 2.13 (Juni 2019). Jurnal ini dapat berisi bidang modeling pada system biologi untuk system berkelanjutan. Kesesuaian lahan, lingkungan, pertanian dan bioproduction precesses dan food chain. Jurnal ini dapat diakses di laman berikut https://www.journals.elsevier.com/biosystems-engineering.

Gambar 6. Jurnal Biosystem Engineering

3.2. Engineering in Agriculture, Environment and Food

Jurnal ini diterbitkan oleh Elsevier dan juga mencakup bidang-bidang Teknik Pertanian. Jurnal ini sendiri meliputi mesin pertanian, pengolahan tanah, terramechanis, precission farming, agricultural instrumentation, sensors, bio-robotics, system automation, Teknik pasca panen dan pengolahan pangan. Jurnal ini dapat anda akses melalui laman berikut https://www.journals.elsevier.com/engineering-in-agriculture-environment-and-food.

Gambar 7. Jurnal Engineering in Agriculture, Environment and Food

 

Profil Penulis

Supriyanto, S.TP, M.Kom adalah Dosen di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Sejak lulus SMA Negeri 1 Liwa pada tahun 2004 melanjutkan studi di Departemen Teknik Pertanian IPB. Lulus S1 2008 dan melanjutkan studi S2 pada bidang Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor (MKOM IPB) pada tahun 2009. Lulus 2011 dan meniti karir sebagai dosen di Ilmu Komputer, Universitas Pakuan IPB. Sejak Desember 2012 menjadi dosen di departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Tahun 2016 melanjutkan studi di University of Tsukuba Jepang dengan bidang Data Analytical Simulation System untuk Microalgae.

Minat penelitian penulis diantaranya system and optimization, data analytical system, modelling and simulation, web-based application development, GIS and remote sensing, serta bidang Komputer untuk pertanian.

Profil lengkap dapat dilihat pada laman http://supriyanto.net/.

supriyanto

Leave a Reply

shares