PTA

PTA

PTA

Sharing is caring!

Parent and Teacher Association atau disingkat PTA adalah semacan perkumpulan wali murid. Kegiatan ini adalah kegiatan sosial yang fungsinya mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan anak yang tidak dicover oleh sekolahan.

Kalau jaman dulu sekali ada istilah BP3, sekarang mungkin namanya jadi Dewan Sekolah. Selain itu, bagi kami warga asing keberadaan PTA ini sangat membantu, terutama untuk hal-hal yang terkait informasi. Biasanya mereka akan sangat senang untuk mentranslate informasi dari sekolah untuk dibagikan kepada kami. Tidak jarang juga bahkan mereka sudah menyiapkan print out dari informasi yang diberikan dari sekolah yang sudah mereka terjemahkan di rumah.

Tidak hanya itu, kalau ada kegiatan seperti festival. Bahkan mereka akan dengan senang hati memberikan pinjaman pakaian seperti kimono untuk dipinjamkan kepada siswa yang lain. Selain pinjaman, kadang kalau tahun ajaran baru mereka juga mengumpulkan barang-barang bekas seperti topi, tas dan lain-lain untuk diberikan kepada kami.

Untuk TK dan SD sampai kelas 2 memang agak unik, karena orangtua wajib mengantar anaknya sampai depan pintu sekolah dan harus menjemputnya lagi di depan pintu sekolah. Bahkan kalau orangtua terlambat menjemput, si anak tidak diperbolehkan untuk hanya sekedar bermain di halaman sekolah. Si anak akan di isolasi di ruangan guru, sampai orangtuanya datang sambil mereka berusaha untuk menghubungi orangtuanya.

Walaupun boleh dikatakan aman, tapi disini sangatlah hati-hati dan waspada dengan setiap keanehan. Semisal, di daerah ini ada orang yang lalu lalang dan mencurigakan, maka PTA ini akan melaporkan ke sekolah dan polisi. Selanjutnya akan di broadcast informasi ke seluruh orangtua siswa untuk berhati hati di daerah A ada orang tidak dikenal mencurigakan.

Pelajaran bagi kami orangtua adalah: harus telaten melihat informasi dan tugas yang diberikan ke anak. Selain itu, tetap berhati-hati dan waspada terhadap segala macam bahaya dan ancaman termasuk juga disaster. Untuk masalah disaster ini, anak-anak sering dilatih dan dibekali teknik menyelamatkan diri dan menghadapi bencana. Untuk orangtua sering juga disimulasikan telepon berantai untuk menyebarkan informasi darurat.

Demikian sedikit pengalaman mengenai PTA.

supriyanto

Leave a Reply

shares