Nutrisi tanaman dan Perubahan Iklim (Climate Change)

Nutrisi tanaman dan Perubahan Iklim (Climate Change)

Nutrisi tanaman dan Perubahan Iklim (Climate Change)

Sharing is caring!

Memahami fenomena nutrisi tanaman dikaitkan dengan perubahan iklim sangat menarik. Hal ini menjadi salah satu kunci sukses dari budidaya pertanian. Pada review jurnal berikut, dibahas mengenai bagaimana efek dari peningkatan CO2 (eCO2), peningkatan temperature (eT), salinity, waterlogging dan stress (Soares et al., 2019) https://buff.ly/2T4d1Kf. Selain itu juga apa yang terjadi dengan ketersediaan nutrisi.

Paper ini menyimpulkan bahwa perubahan iklim berdampak pada akumulasi mineral dan protein pada tanaman, dimana eCO2 merupakan faktor utamanya. Efeknya tergantung pada jenis, intesitas dan durasi, genotipe tanaman dan fase pertumbuhuannya. Terdapat hubungan erat (positif dan negatif) antara faktor klimat dan ketersediaan nutrisi dalam tanah’: nitrogen , potassium (K), iron (Fe) dan fosfor (P). Selanjutnya, perlu strategi bagaimana memitigasi ataupun mengadaptasi tanaman kita dengan perubahan ini. Sepertinya perlu dibuatkan model dinamisnya, untuk spesifik tanaman.

Beberapa platform simulasi yang dapat digunakan untuk melakukan analisa terhadap permasalahan ini diantaranya adalah:

APSIM

Cukup menarik platform simulasi ini. Saya melihat bukan hanya platform simulasi tapi bentuk kolaborasi riset antar bidang yang disatukan dalam satu instrument simulasi yang komprehensif.

Memang ketika membangun simulasi paling tidak kita harus:
1. Menentukan scope kajian yang akan kita laksanakan. Gambarkan hubungan sebab akibat dari berbagai parameter yang berhubungan dengan tujuan spesifik (specific goalsnya)

2. Bangun System besarnya, kemudian breakdwon menjadi sub-sub sistem.

3. Pada sub-sistem inilah kita membuat secara detail persamaan, input pengetahuan, data, dan visualisasi yang diinginkan.

4. Selanjutnya, menguji simulasi yang kita buat dan mengimplementasikannya. Tahapan ini adalah tahapan dimana society (perkumpulan) berpengaruh. Dengan adanya perkumpulan ini, feedback terhadap sistem bisa dibuat.

Ini menjadi jalan masuk bagi kita semua untuk melanjutkan diskusi di timeline sebelumnya.

sources: https://www.apsim.info/…/Ar…/592/ArticleID/1083/Default.aspx

supriyanto

Leave a Reply

shares