Menjadi orang Besar #nasehat

Menjadi orang Besar #nasehat

Sharing is caring!

Pernah tidak, anda tanya ke anak-anak atau diri anda sendiri dengan sebuah pertanyaan: cita-citanya mau jadi apa? Ada banyak tentu jawabannya, tergantung dari bagaimana si Bapak dan Ibu mendidik dan menjelaskan cita-cita itu.

Mudahnya, semua ingin jadi orang besar ? orang yang terlihat lebih dari orang lain.

Tapi, kadang masih bingung juga kalau ditanya, orang besar itu seperti apa? Orang besar adalah orang yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Manfaat itu sendiri bentuknya bisa macam-macam.

Saya mewarisi hobi ngobrol dari kedua orangtua, jadi bentuk kontribusi saya kadang dengan ngobrol dari yang ngalor ngidul dan serius. Kalau punya ilmu, bagilah ilmu anda kepada oranglain. Kalau anda merasa lebih sukses, bagilah tipsnya kepada siapapun yang membutuhkannya.

Terlebih kalau anda punya kelebihan harta, maka bantulah oranglain sebisa kita. Atau ajaran yang paling minimal adalah: jangan pernah menyusahkan oranglain kalau memang tidak bisa membantunya. Tapi ini nilainya zero (minimal), tentu lebih baik daripada negatif (minus).

Kalau anda punya sosial media, bagilah hal positif. Tidak perlu posting hal-hal negatif atau akan mendegradasi moral dan optimisme orang yang membaca. Apalagi sampai menyebarkan kebencian, sehingga akan mengajak oranglain untuk ada rasa benci juga dalam hatinya.

Ada nasehat dari seorang ulama yang cukup melekat: Peluang diterimanya amalan buruk itu lebih besar daripada amalan baik. Kenapa demikian, kalau amalan buruk dikerjakan maka sah, itu sebagai amalan buruk. Kalau kita sendiri yang berbuat buruk secara diam-diam maka akan dapat 1 catatan amal buruk, la kalau amalan kita membuat orang lain ikut beramal buruk juga? tentu ada kontribusi kita disana, tidak perlu menghitung berapa dosanya.

Nah, kalau amalan baik itu masih dilihat lagi apa motivasinya? kalau motivasinya salah, bisa-bisa malah minus (tidak dapat apa-apa plus tambahan catatan keburukan).

Padahal tahukah kita, bahwa niat yang ikhlas itu sangatlah sulit? Jadi perbanyak peluang untuk dapat kebaikan, dengan memperbanyak kebaikan dan niatan yang ikhlas.

Semoga kita selalu jadi orang yang positif dan menyebarkan optimisme kepada siapapun.

Salam,
Supriyanto

supriyanto

Leave a Reply

shares